Mengenal Protokol DeFi: Aave, Compound, dan MakerDAO

Decentralized Finance (DeFi) atau Keuangan Terdesentralisasi adalah sebuah sistem keuangan yang beroperasi secara terdesentralisasi berdasarkan teknologi blockchain. Protokol DeFi memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai jenis kegiatan keuangan tanpa perantara tradisional seperti bank.

Aave: Protokol Peminjaman dan Pinjaman DeFi

Aave adalah salah satu protokol DeFi yang paling terkenal dan inovatif saat ini. Aave memungkinkan pengguna untuk melakukan peminjaman dan pinjaman aset kripto tanpa perantara. Cara kerja Aave melibatkan pengguna yang dapat meminjam aset kripto mereka ke dalam likuiditas pool, yang dapat diakses oleh peminjam lain dalam bentuk token lainnya.

Aave menggunakan mekanisme bunga variabel berdasarkan permintaan dan penawaran, yang dikontrol oleh algoritma cerdas. Ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan bunga yang lebih kompetitif dibandingkan dengan sistem peminjaman tradisional.

Selain itu, Aave memiliki fitur unik seperti penggunaan token asli AAVE sebagai alat untuk mengelola protokol, serta pilihan untuk memanfaatkan aset kripto mereka untuk mendapatkan bunga melalui yield farming.

Compound: Protokol Peminjaman dan Pinjaman dengan Bunga Tetap

Compound adalah protokol DeFi lain yang berfokus pada peminjaman dan pinjaman aset kripto. Protokol ini menawarkan bunga tetap, yang ditentukan secara otomatis oleh algoritma protokol berdasarkan penawaran dan permintaan.

Pengguna Compound dapat meminjam dan meminjamkan aset kripto mereka tanpa perlu mengandalkan pihak ketiga. Mereka juga dapat memanfaatkan aset mereka sebagai jaminan untuk meminjam aset lain, serupa dengan mekanisme pinjaman tradisional.

Salah satu fitur menonjol dari Compound adalah fleksibilitas dalam menentukan bunga pinjaman, yang disesuaikan secara otomatis untuk mencerminkan kondisi pasar terbaru. Ini membuat Compound menjadi pilihan yang menarik bagi pengguna yang mencari pendapatan pasif dari aset kripto mereka.

MakerDAO: Protokol Stablecoin Terdesentralisasi

MakerDAO adalah protokol DeFi yang terkenal karena menciptakan stablecoin DAI yang terdesentralisasi. Stablecoin adalah jenis aset kripto yang nilainya tetap terkait dengan mata uang fiat, seperti dolar AS, untuk menghindari volatilitas yang tinggi.

DAI diciptakan menggunakan sistem colateralized debt position (CDP), yang memungkinkan pengguna untuk mengunci aset kripto mereka sebagai jaminan untuk mencetak DAI. Pengguna dapat mengambil pinjaman dalam DAI dengan tingkat bunga yang dapat disesuaikan.

MakerDAO juga dikenal karena token MKR-nya, yang digunakan untuk memvoting perubahan dalam protokol dan mengatur aspek-aspek operasional lainnya.

Kesimpulan

Mengenal protokol DeFi seperti Aave, Compound, dan MakerDAO memberikan pandangan mendalam tentang bagaimana blockchain dan teknologi terdesentralisasi mengubah lanskap keuangan global. Protokol ini tidak hanya memungkinkan akses yang lebih besar terhadap layanan keuangan, tetapi juga memberikan pilihan yang lebih besar dan fleksibilitas bagi pengguna untuk mengelola dan mengoptimalkan aset kripto mereka.

Dengan adanya protokol DeFi ini, keuangan tradisional semakin terdesentralisasi dan dapat diakses oleh siapa saja di seluruh dunia, tanpa tergantung pada perantara tradisional. Hal ini membuka potensi besar untuk pengembangan lebih lanjut dalam ekosistem keuangan terdesentralisasi.

Referensi:

Akademicrypto